Visi

FTIK Unggul di Tingkat ASEAN, Berbasis Digital dan Kearifan Lokal pada Tahun 2040

Misi

  • Mengembangkan komunitas epistemik ketarbiyahan dan meningkatkan kapasitas sumber daya manusia yang holistik sebagai agen perubahan;
  • Menyelenggarakan pendidikan Islam berkualitas dan mengembangkan ilmu pengetahuan integratif berbasis digital dan kearifan lokal;
  • Meningkatkan penelitian dalam bidang pendidikan integratif secara kolaboratif dengan peneliti di tingkat nasional dan internasional;
  • Memaksimalkan keikutsertaan fakultas dalam mengatasi permasalahan sosial kemasyarakatan; dan
  • Memperkuat tri dharma perguruan tinggi dan kelembagaan melalui peningkatan kerjasama lokal, nasional, dan internasional.

Tujuan

  • Menghasilkan masyarakat ilmiah, berwawasan global, dan menginternalisasi nilai-nilai pendidikan Islam yang kuat sebagai budaya epistemik kampus;
  • Menghasilkan pendidik dan tenaga kependidikan yang unggul, berkarakter islami dan kearifan lokal, dan profesional dalam digital edupreneurship;
  • Menjadi pusat kajian dan penelitian pendidikan berbasis keislaman dan kearifan lokal di tingkat ASEAN;
  • Menjadi agen penting dalam perumusan kebijakan pendidikan dan memperluas akses pendidikan kepada masyarakat; dan
  • Memperkuat kemitraan sebagai sarana peningkatan profesionalisme dan peluang pada tingkat global.

Strategi

  • Melaksanakan pendidikan yang berkualitas, berkarakter islami dan kearifan lokal dengan pemanfaatan teknologi digital yang baik;
  • Meningkatkan kapasitas, kualifikasi pendidikan dan kepangkatan dosen dan tenaga kependidikan melalui studi lanjut dan pelatihan di dalam maupun luar negeri;
  • Menyediakan berbagai fasilitas dan kapasitas IT yang baik untuk kebutuhan pembelajaran, riset dan kelembagaan;
  • Mengoptimalkan pemanfaatan laboratorium pendidikan sebagai sarana peningkatan kecerdasan intelektual, emosional, spritual, sosial, minat dan bakat, serta edupreneur mahasiswa;
  • Mengembangkan keilmuan, pembelajaran dan transformasi sosial yang berbasis penelitian, dan ikut berpartisipasi aktif dalam meningkatkan pemahaman masyarakat;
  • Meningkatkan kapasitas pengelola dan kualitas jurnal ilmiah; dan
  • Memperluas dan memperkuat kerjasama nasional dan internasional, serta meningkatkan pelaksanaannya.

Sasaran

  • Lebih 50% lulusan memiliki IPK 3,50, memiliki skor TOEFL atau TOAFL 500, berkarakter islami dan kearifan lokal, memiliki kemampuan IT yang baik, dan bekerja sesuai bidang keilmuan;
  • Lebih 50% dosen berkualifikasi doktor, dan menduduki jabatan Lektor Kepala atau Guru Besar;
  • Proses pembelajaran berbasis IT, dan riset didukung oleh sarana dan prasarana yang lengkap;
  • 60% dari kegiatan di laboratorium dan ekstrakurikuler berorientasi pada pengembangan kecerdasan intelektual, emosional, spritual, sosial, minat dan bakat, serta edupreneur;
  • 40% penelitian sebagai basis pengembangan keilmuan, pembelajaran, dan transformasi sosial;
  • 10 % jurnal ilmiah terindeks Scopus atau WOS, 70% terakreditasi Sinta;
  • Jumlah kerja sama mencapai >50 dengan instansi pemerintah/swasta tingkat lokal, >50 tingkat nasional, dan >10 tingkat internasional.