Sejarah

Sejarah:

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Lhokseumawe merupakan satu di antara empat fakultas yang berada di lingkungan IAIN Lhokseuawe yang lahir pada tahun 2016 berdasarkan Surat Keputusan (SK) Menteri Agama Republik Indonesia  Nomor 46 Tahun 2016. Pendirian Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Lhokseumawe memiliki sejarah rentetan sejarah yang panjang.  Bermula dari Jurusan Tarbiyah STAIN Malikussaleh Lhokseumawe yang didirikan pada tahun 1996. Pada saat pendirian hanya membuka satu pogram studi yakni Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI).

Perkembangan Jurusan Tarbiyah pada tahap selanjutnya semakin pesat sehingga pada tanggal 4 April 2001 Jurusan Tarbiyah mendapat status diakui berdasarkan surat keputusan Direktur jendral Pembinaan Kelembagaan  Agama Islam Republik Indonesia nomor E/56 Tahun 2001. Pada tahun 2001 Jurusan Tarbiyah juga membuka program studi Tadris Matematika (TMA). Selanjutnya pada tahun 2003 Jurusan Tarbiyah membuka program studi Tadris Bahasa Inggris (TBI). Seiring dengan perkembangan dan tuntutan masyarakat global, Jurusan terbiyah terus melakukan inovasi dan pengembangan secara sistematis dan berkesinambungan untuk melahirkan tenaga pendidikan yang profesional

Estafet kepemimpinan ketua jurusan tarbiyah  priode 1996-2001 dan priode 2001-2004 adalah Dra. Aisyah Ma’awiyah, priode 2004-2005 adalah Al-Husaini M. Daud, S.Ag., priode 2007-2010 terjadi  beberapa kali pergantiaan pimpinan ketua jurusan Tarbiyah yaitu, Yusnaini Ilyas, S.Ag., Dra. Nurhayati AR. dan Drs. M Nazar, Priode 2010-2014 dipimpin oleh Sofyan Arianto, S. Ag., M.Pd. dan Priode 2014-2016 Jurusan Tarbiyah dipimpin oleh Said Alwi, S.Pd.I., MA.

Pada Tahun 2016 STAIN Malikusaleh Lhokseumawe  mengalami transformasi dan alih status  menjadi IAIN Lhokseumawe sehingga Jurusan Tarbiyah beralih menjadi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK). Pada saat ini pada FTIK IAIN Lhoksemawe terdapat 8 (delapan) program studi yaitu, Progam studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Program Studi Tadris Matematika (TMA), Program Studi Tadris Bahasa Ingrris (TBI), Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidayah (PGMI), Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini PIAUD, Program studi Manajemen pendidikan  Islam (MPI) dan Program studi Tadris Bahasa Indonesia (TBIN). Dari delapan program studi yang ada di lingkungan FTIK IAIN Lhokseumawe sudah terakreditasi B . FTIK IAIN Lhokseumawe priode 2016-sekarang dipimpin Dr. Zulfikar Alibuto, MA. (Dekan), Dr. Said Alwi, MA. (Wadek I), Dr. Husaini, M. Ag (Wdek II), Dr. Nurhayati AR, MA sebagai Wadek III.